Membangun Desa yang ideal, Desa Sopet Tercinta di Pilkades Serentak 2019

Pastikan calon kepala desa punya niat untuk membangun 3 aspek berikut:


1. Mencerdaskan Masyarakat
===========================
Membangun manusia (masyarakat) lebih penting dari membangun jalan / bangunan. Sebab, tujuan kepala desa adalah mengepalai masyarakat desa, mengarahkan masyarakat agar lebih cerdas, tidak ketinggalan zaman, beretika, dan bisa berpikir modern.

Modern bukan hanya pakaian, kendaraan, atau HP. Modern adalah pola pikir yang terbuka, mampu menyerap informasi, dan mampu mencari peluang. Tidak terlena dengan kondisi masa lalu.

Masyarakat (terutama pemuda) harus difasilitasi agar lebih produktif, lebih terampil, dan bisa diandalkan sesuai profesi masing-masing.

2. Meningkatkan Perekonomian
===========================
"Jika kita diberi ikan, mungkin akan habis dimakan dalam sehari. Tapi jika kita diajari cara memancing, kita bisa makan ikan seumur hidup."

Bantuan langsung adalah program yang sangat bermanfaat. Namun jika mental dan keterampilan penerima bantuan tidak ditingkatkan, penerima bantuan akan terus menjadi penerima, selamanya.

Namun jika ada proses peningkatan keterampilan, pengajaran, dan pengubahan pola pikir (mental), bisa jadi dalam 2 - 5 tahun, penerima bantuan bisa mengalami perbaikan ekonomi. Jika sekarang menerima bantuan, 2 - 5 tahun berikutnya bisa jadi sudah bisa hidup layak dan mandiri.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan pada masyarakat:
- berikan pemahaman ttg bisnis/ekonomi
- adakan pelatihan keterampilan
- adakan pelatihan cara jualan
- ‎siapkan pasar / jalur penjualan

Keempat tahap tersebut akan menjamin produk dan keterampilan bisa berguna dan mendapatkan hasil.

3. Menyiapkan Infrastruktur
===========================

Jalan, bangunan utk pertemuan, bangunan utk produksi, saluran air, air bersih, pasar umum, pasar dadakan, internet desa, atau hal lainnya yang terkait dengan lingkungan, semua itu adalah infrastruktur.

Infrastruktur bukan hal wajib. Namun infrastruktur akan meningkatkan percepatan kemajuan desa.

Jika masyarakat cerdas dan mandiri, infrastruktur bahkan bisa dibangun berdasarkan patungan masyarakat, tidak lagi menggunakan dana pemerintah.

Namun, jika masyarakat tetap memiliki cara berpikir kuno, secanggih apapun infrastrukturnya, pasti tidak akan terpakai, cepat rusak, dan hanya jadi pajangan.

_____

Jadi, bangun pikiran masyarakat, bangun mental bisnisnya, lalu siapkan infrastrukturnya... Itu!


Wkwkwkwk
Tulisan diatas merupakan inti sari ngobrol-ngobrol bersama Bapak Elang Sakti yang sekarang lagi menetap di Malang. Pulang Pak, mari berdikari di tanah Sopet Tercinta, Muridmu sendirian. 
Tag : Situbondo
0 Komentar untuk "Membangun Desa yang ideal, Desa Sopet Tercinta di Pilkades Serentak 2019"
Back to top